Powered By Blogger

rss

Sabtu, 24 Januari 2009

Apakah Materi itu? Pemikiran Kita tentang Materi Berubah Secara Drastis Selama Kurang Lebih 2500 tahun

600 SM - Thales dari Miletus mendapati bahwa batu amber yang digosokkan pada bulu binatang dapat menarik rambut dan benda-benda ringan lainnya. Ia menduga bahwa gaya misterius yang menarik benda-benda ringan ini berasal dari batu amber.

460 SM - Democritus dari Yunani mengembangkan konsep yang membagi materi ke dalam bagian-bagian yang paling kecil sampai materi tersebut tidak dapat dibagi-bagi lagi. Ia menamakan bagian terkecil ini dengan nama Atom.

1687 M - Sir Isaac Newton menggunakan argumen yang didasarkan pada teori atom untuk menjelaskan hukum gas.

1803 - John Dalton, Seorang kimiawan Inggris, memformulasikan teorinya bahwa setiap materi terdiri atas atom, menurutnya reaksi kimia terjadi akibat penyatuan dan pemisahan atom-atom dan setiap atom memiliki karakteristiknya sendiri.

1897 - Fisikawan Inggris J. J. Thompson menemukan elektron dan mangajukan sebuah model atom yang mirip dengan roti kismis.

1911 - Ernest Rutherford membombardir plat emas dengan inti atom helium (partikel alfa) dan mengamati bahwa sebagian besar partikel alfa dapat menembus pelat emas dan beberapa terpantulkan ke segala arah. Ia menyimpulkan bahwa materi sebagian besar adalah ruang kosong dan terdiri atas pusat yang yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh partikel bermuatan negatif.

1912 - Neils Bohr mengusulkan bahwa elektron yang mengorbit inti atom haruslah berada pada keadaan energi diskrit tertentu dan tiap elemen memiliki energi elektron tertentu.
1924 - Louis deBroglie dari perancis mengusulkan bahwa materi, seperti halnya dengan cahaya memiliki sifat gelombang.

1925 - Fisikawan Austria Erwin Schrodinger membuat suatu model atom sebagai gelombang yang berinteraksi. partikel seperti bergetar layaknya senar pada biola hanya ketika berada pada sebuah sumur.

1926 - Fisikawan Jerman Werner Heisenberg memformulasikan prinsip ketidaktentuannya yang menyatakan bahwa kita tidak dapat mengetahui posisi dan momentum dari pertikel secara bersamaan. Semakin baik anda mengetahui tentang salah staunya, maka semakin buruk anda mengetahui yang lain. Atom pada saat ini divisualisasikan dalam bentuk inti atom yang dikelilingi oleh awan gelombang elektron.

1960 - Murray Gel-Mann, Fisikawan Amerika, mengemukakan bahwa proton dan partikel dasar lainnya dalam atom tersusun atas partikel yang lebih mendasr yang dinamakan quark.

Diterjemahkan dari: "
What is matter? Our ideas about matter have changed drastically in the past 2500 years!" (http://science.nasa.gov)

0 comments: